Perlengkapan

Kemasan Hardcover Untuk Penggunaan Sehari-Hari

cetak kemasan hardcover
Written by admin

Bicara soal kemasan sudah sangat familiar tentunya di telinga kita. Kemasan adalah sesuatu yang meliputi seluruh bentuk fisik wadah sebuah produk, misalnya desain, bentuk, warna, ukuran label dan materi yang digunakan. Pengemasan merupakan teknologi pembungkusan atau pewadahan suatu barang dengan kemasan yang sesuai agar dapat melindungi isi (nilai keasliannya) selama penyimpanan, pengangkutan dan lain-lain.

cetak kemasan hardcoverBicara soal kemasan sudah sangat familiar tentunya di telinga kita. Kemasan adalah sesuatu yang meliputi seluruh bentuk fisik wadah sebuah produk, misalnya desain, bentuk, warna, ukuran label dan materi yang digunakan. Pengemasan merupakan teknologi pembungkusan atau pewadahan suatu barang dengan kemasan yang sesuai agar dapat melindungi isi (nilai keasliannya) selama penyimpanan, pengangkutan dan lain-lain.

Dewasa ini bicara jualan produk tidak akan lengkap tanpa membicarakan kemasannya. Karena pada dasarnya orang menilai sesuatu itu dari luarnya, dan apabila kemasannya menarik maka kemungkinan orang membelinya akan semakin besar. Kemasan pun dapat dibagi menjadi berbagai jenis kemasan berdasarkan sifat kekakuannya, yaitu kemasan fleksibel, kemasan kaku, dan kemasan semi kaku/semi fleksibel.

Kemasan fleksibel, yaitu bila bahan kemas mudah dilenturkan, misalnya plastik, kertas, foil.

Kemasan kaku, yaitu bila bahan kemas bersifat keras, kaku, tidak tahan lenturan, patah bila dipaksa dibengkokkan. Misalnya kayu, gelas, dan logam.

Kemasan semi kaku/semi fleksibel, yaitu bahan kemas yang memiliki sifat-sifat antara kemasan fleksibel dan kemasan kaku, seperti botol plastik (susu, kecap, saus) dan wadah bahan yang berbentuk pasta.

Dari ketiga jenis kemasan berdasarkan sifat kekakuannya, yang akan kita bicarakan di artikel ini adalah kemasan hardcover yang termasuk ke dalam jenis kemasan kaku. Dilihat dari namanya, hardcover atau kemasan keras adalah kemasan yang sifatnya keras dan kaku. Dilihat dari cara mencetaknya, kemasan hardcover mungkin akan terdengar lebih rumit karena bahan jadinya nanti adalah kemasan hardcover.

Pada aplikasinya, kemasan hardcover digunakan untuk kemasan terluar dari suatu produk. Urutan pengemasannya sendiri adalah kemasan primer (yang langsung menempel dengan produk, biasanya berupa kemasan kertas, plastik, alumunium foil, atau metalizer), kemasan sekunder (yang menyelubungi kemasan primer, biasanya berupa karton), dan kemasan tersier (biasanya berupa kardus tebal, kayu, atau bahan lain yang keras dan kaku).

Cetak kemasan hardcover dilakukan menggunakan bahan yang lebih keras, misalnya menggunakan karton duplek. Meskipun terdengar lebih rumit, namun kemasan hardcover lebih mudah untuk dikreasikan karena mudah dibentuk dan dirancang. Dari segi kegunaan pun kemasan hardcover lebih banyak karena lebih kokoh / tidak ringkih, sehingga bahan yang dikemas di dalamnya menjadi lebih aman ketimbang dikemas menggunakan softcover.

 

 

About the author

admin

Leave a Comment